I. Hubungan Timbal
Balik Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber
dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses
kegiatan
pencapaian tujuan sudah
dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja
yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari
terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b. Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian tujuan
c. Menjamin adanya
pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi
hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di
bawah ini :
1. Manajemen : proses
kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
2. Organisasi : alat
bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
3. Tata Kerja : pola
cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan
sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi
dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
II. Fungsi Satuan
Organisasi dan Metode
pengertian fungsi satuan organisasi dan metode adalah rangkaian proses kegiatan
yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang
menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan
fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang
sudah ditetapkan.
Dari pengertian
tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1. Organisasi dan
metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang
setepat-tepatnya.
2. Organisasi dan
metode penting bagi kegiatan manajemen.
3. Organisasi dan
metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
4. Organisasi dan
metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan
antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan
bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari
manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager)
yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional
maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama
dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber
yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya
Kesimpulan :
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti
bahwa proses kegiatan
pencapaian
tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis. Jadi hubungan timbal balik Antara
Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja sangat di butuhkan.
Sumber :
http://beruangkaki5.blogspot.com/2012/06/sistem-perilaku-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar